Pages

Labels

Pengikut

Kamis, 14 November 2013

Segarnya Air Terjun Sri Gethuk!

Gunungkidul sebagai daerah yang sering diasumsikan sebagai wilayah kering dan tandus ternyata juga menyimpan keindahan, yakni hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Sri Gethuk.
Terletak di Desa Wisata Bleberan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Biaya retribusi wisata air terjun ini Rp 5.000,00 per orang. Harga ini sudah merupakan tiket terusan untuk dua objek wisata sekaligus yaitu Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono. 

SONY DSC

Sesampainya di lokasi parkir wisata, pengunjung  akan disuguhi pemandangan perbukitan khas gunung kidul serta pepohonan jati yang ditanam warga sekitar. Dari lokasi parkir, wisatawan harus berjalan kaki ke sungai dengan jarak sekitar 200 meter. Setelah sampai di tepi sungai kita akan menyaksikan beningnya air Sungai Oyo yang mengalir tenang. Untuk menuju air terjun wisatawan di tawarkan 2 pilihan akses. Pertama yaitu dengan berjalan kaki menyusuri persawahan yang berada pada sisi atas sungai. Yang kedua yaitu dengan menggunakan rakit bermotor yang di sewakan pengelola. Biaya naik rakit ini yaitu Rp 10.000,00 tiap orang. Harga ini sudah merupakan tiket pulang-pergi. Sebenarnya jarak menuju lokasi tidak begitu jauh, yaitu hanya sekitar 200 meter saja dari titik start rakit. Namun naik rakit motor ini akan memberikan sensasi tersendiri karena pengunjung akan menikmati perjalanan air yang asik serta bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar dari atas rakit. Pihak pengelola menyediakan 2 unit rakit yang silih berganti mengangkut wisatawan menuju dan meninggalkan lokasi.



Hanya sekitar 5 menit perjalanan maka perahu rakitpun sudah sampai di lokasi air terjun. Suasana sudah sangat ramai ketika tim Java Exotic sampai di lokasi. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini mengalir cukup deras sehingga sangat cocok untuk mandi maupun sekedar bermain air, terutama ketika panas terik. Terlihat banyak wisatawan yang basah-basahan di sekitar air terjun. Selain di air terjun, pengunjung juga bisa berenang di sungai yang berada di bawah air terjun ini. Karena air sungai yang cukup dalam, maka pengunjung diharuskan menggunakan pelampung. Pengelola tempat wisata sudah menyediakan pelampung yang cukup banyak, bagi wisatawan yang ingin menyewa cukup membayar Rp 5.000,00 dan bisa menggunakan sepuasnya.

Dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 45 km. Saat ini akses jalan menuju lokasi sudah cukup baik karena sudah beraspal sampai ke pos retribusi (TPR) sehingga Anda dapat menggunakan mobil pribadi maupun  rental mobil jogja. Hanya saja pada beberapa bagian jalan masih banyak yang bergelombang dan berlubang sehingga pengendara harus berhati-hati. Dari TPR, jarak ke air terjun masih sekitar 1,5 km. Jalan menuju lokasi adalah jalan berbatu dan tanah liat sehingga cukup licin ketika musim hujan. Tapi meskipun begitu, pengunjung tidak akan kecewa karena semua lelah dan jerih payah akan terbayar dengan keindahan lokasi wisata. Semoga bermanfaat!


0 komentar:

Posting Komentar